TUGAS KULIAH

Tidak ada komentar:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Status Sekolah             : Madrasah Aliyah
Kelas/Semester           : X/I
Program                       : IPA/IPS
Mata Pelajaran                        : Quran dan Hadis
Materi Pokok               : Al-Quran Kitab ku
Jumlah Pertemuan       : 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu             : 45 x 2 Jam Pelajaran

A.     Kompetensi Inti
                   
(KI-1)         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

(KI-2)         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, rensponsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

(KI-3)         Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

(KI-4)         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar

1.1  Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
2.1 Menunjukkan sikap yang berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran Al-Qur’an
3.1 Memahami pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’.
4.1 Menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para ulama’





C.     Indikator Pencapaian

3.1.1 Menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
3.1.2 Mendeskripsikan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin
3.1.3 Menerangkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama muta’akhirin
3.1.4 Membandingkan pengertian Al-Qur’an menurt ulama mutaqaddimin dan muta’akhirin
4.1.1 Mempresentasikan simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’

D.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati ,mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah dengan baik dan benar.
2.       Mendeskripsikan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin dengan baik dan benar.
3.       Menerangkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama muta’akhirin dengan baik dan benar.
4.      Membandingkan pengertian Al-Qur’an menurt ulama mutaqaddimin dan muta’akhirin.
5.      Mempresentasikan simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’

E.      Materi Pembelajaran

1.      Pengertian Al-Qur’an secara istilah
2.      Pengertian Al-Qur’an menurut para ulama
3.      Nama-nama Al-Qur’an
4.      Perilaku orang yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an

F.       Metode Pembelajaran

1.      Ceramah,
2.      Discovery Learning,
3.      Problem-Based Learning,
4.      Diskusi,
5.      Tanya jawab,
6.      Mind maping

G.     Media Pembelajaran
1.      Proyektor/LCD

H.     Alat Pembelajran
1.      Spidol
2.      Kertas Asturo
I.        Sumber Belajar
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku paket Al-Qur’an Hadits Penerbit Kementrian Agama RI 2014
3.      Internet
4.      Slide

J.        Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Pendahuluan (15 menit)
1)      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2)      Absensi dan Memeriksa kerapian dan kebersihan ruang kelas.
3)      Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dicapai.
4)      Pendidik bertanya jawab dengan peserta didik mengenai materi yang akan di ajarkan.
5)      Pembagian Kelompok ,menjadi 4 kelompok.
b.      Kegiatan Inti ( 55 menit)
1)      Mengamati
-       Pendidik menayangkan vidio
-       Peserta didik di beri tugas untuk mengamati dan memahami  tayangan vidio yang di tunjukan guru mengenai orang yang hidup tanpa tujuan dan arahan.
2)      Menanya
-       Peserta didik menanyakan pengertian Al-Qur’an
-       Peserta didik menanyakan pengertian Al-Qur’an menurut ulama
-       Peserta didik menanyakan nama-nama Al-Qur’an
-       Pendidik memberikan pemahaman terkait pertanyaan-pertanyaan peserta didik sekaligus memberikan informasi mengenai materi

3)      Menalar /Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Perwakilan kelompok  mengambil satu kertas undian yang telah disiapkan pendidik, kertas undian tersebut berisi topik yang akan di bahas dalam masing masing kelompok.
-       Masing- masing kelompok mendiskusikan topik yang telah diberikan oleh guru.
-       Setiap kelompok mencatat informasi yang mereka dapatkan dari hasil diskusi.
4)      Mengasosiasikan
-       Setiap kelompok membuat Mindmap dan kesimpulan dari hasil diskusi mereka sesuai dengan topik bahasan.
5)      Mengkomunikasikan
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil mindmap mereka sesuai dengan topik yang di bagikan guru, yaitu pengertian Al-Qur’an, nama-nama Al-Qur’an dan perbuatan yang menunjukkan orang yang berpegang teguh kepada Allah sesuai pemahaman.

c.       Penutup (15 menit)
-       Guru memberikan penguatan terhadap materi yang didiskusikan (kegiatan konfirmasi).
-       Pendidik meminta peserta didik untuk membiasakan perilaku orang yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an.
-       Pendidik memberi motivasi kepada siswa agar lebih giat dalam belajar dan mengamalkannya.
-        Pendidik mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah bersama.dan doa mengakhiri pertemuan.
-        Pendidik mengucap salam.

K.      Penilaian Hasil Belajar
a.      Tes Tertulis
Jawablah uraian Pertanyaan berikut dengan jelas dan benar !
1.      Jelaskan pengertian al-Qur’an secara etimologi menurut pendapat al Lihyaniy!
Kunci:
Menurut pendapat al Lihyaniy Kata Qur’an adalah bentuk masdar dari kata kerja (fi’il),قَرَأَ artinya membaca,dengan perubahan bentuk kata/tas ri f(قَرَأَ-يَقْرَأ- قَرْءَا ناً  ). ari tasri f tersebut, kata(قَرْءَا ناً)artinya bacaan yang bermakna isim maf’ul (مَقْرُوْءٌ) artinya yang dibaca.Karena al-Qur’an itu dibaca maka dinamailah al-Qur’an. Kata tersebut selanjutnyadigunakan untuk  kitab suci yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. Pendapat ini berdasarkan firman Allah Swt. sebagaimana yang termaksud dalam QS. al-Qiyamah ayat 17-18

2.       Jelaskan pengertian al-Qur’an secara etimologi menurut pendapat al-Farra’!
Kunci:
Menurut al-Farra’ Kata al-Qur’an berasal dari lafadقَرَاءِنٌ merupakan bentuk jama’ dari kata  قَرِيْنَتِyang berarti petunjuk atau indikator, mengingat bahwa ayat-ayat al-Qur’an satu sama lain saling membenarkan. Dan kemudian dijadikan nama bagi Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

3.      Jelaskan pengertian al-Qur’an secara istilah menurut pendapat Syeikh Muhammad Khudhary Beik dalam kitab Tarikh at-Tasyri’ al-Islami!
Kunci:
Dalam kitab Tarikh at-Tasyri’ al-Islam, Syeikh Muhammad Khudari Beik mengemukakan definisi al-Qur’an , “ Menurut beliau Al-Qur’an ialah lafaz (fiirman Allah Swt.) yang berbahasa Arab, yang diturunkan kepada Muhammad saw., untuk dipahami isinya dan selalu diingat, yang disampaikan dengan cara mutawatir, yang ditulis dalam mushaf, yang dimulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Nas.”

4.      Sebutkan unsur-unsur dalam definisi al-Qur’an!
Kunci:
a)      Al-Qur’an adalah firman atau Kalam Allah Swt.
b)      Al-Qur’an terdiri dari lafal berbahasa Arab
c)       Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
d)       Al-Qur’an merupakan kitab Allah Swt. yang mengandung mu’jizat bagi Nabi Muhammad saw. yang diturunkan dengan perantara Malaikat Jibril.
e)      Al-Qur’an disampaikan dengan cara mutawatir (berkesinambungan).
f)        Al-Qur’an merupakan bacaan mulia dan membacanya merupakan ibadah.
g)       Al-Qur’an ditulis dalam mushaf-mushaf, yang diawali dengan surah al-Fatihah dan diakhiri dengan surah an-Nas.
h)       Al-Qur’an senantiasa terjaga/terpelihara kemurniannya dengan adanya sebagian orang Islam yang menjaganya dengan menghafal al-Qur’an.

5.       Sebutkan  nama-nama al-Qur’an dan jelaskan dengan singkat nama-namatersebut!
Kunci:
a)      Al-Qur’an  (اَلْقُرْءَانُ)
Al-Qur’an merupakan nama yang paling populer dan paling sering dilekatkan pada kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Sebagaimana telah dijelaskan di muka, al-Qur’an artinya bacaan atau yang dibaca.
b)      Al-Kitab  (اَلْكِتَابُ)
Al-Qur’an sering disebut sebagai Kitabullah artinya kitab suci Allah Swt. Al-Kitab juga bisa diartikan yang ditulis.
c)      Al-Furqon (اَلْفُرْقَان)
Al-Furqon artinya pembeda, maksudnya yang membedakan antara yang haq dan yang batil. Al-Furqan merupakan salah satu nama al-Qur’an, sebagaimana yang termaktub dalam QS. al-Furqan [25]: 1
d)      Az- Zikr  (اَلذكْر)
Ad-Dikr berarti pemberi peringatan, maksudnya yang memberi peringatan kepada manusia.
e)      At-Tanzil  (اَلتَّنْزِيْلُ)
At-Tanzil artinya yang diturunkan, maksudnya al-Qur’an diturunkan oleh allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. melalui perantaan malaikat Jibril as.untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. At-Tanzil sebagai nama lain al-Qur’an dikemukakan oleh Subhi as-Salih,


b.      Evaluasi
Presentasi hasil duskusi kelompok
Penilaian hasil presentasi

No
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jml
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistematika penyam
Paian
Wawa
san
Kebera nian
Antusias
membuat mindmap
















































                          Lembar Pengamatan
(Penilaian Sikap Selama Diskusi):
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jml
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman












































Keterangan Skor :                                                           
Masing-masing kolom diisi dengan Kriteria
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang

                            ∑ Skor perolehan
Nilai =                                              X  100
                            Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai
A=80 – 100                   :   Baik Sekali         
B=70 – 79                      :   Baik
C=60 – 69                      :   Cukup
D=‹ 60                            :   Kurang

         


Mengetahui,                                                                                                            Yogyakarta,7 April 2016
Kepala Sekolah,                                                                      Pendidik Quran Hadis



Dr Akif Khilmiyah, M.Ag                                    Dwi Nuryanto
......................................                                                    ..........................................................
NIP.                                                                                              NIP.





























TUGAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DOSEN: Dr Akif Khilmiyah, M.Ag


Description: C:\Users\ACER\Documents\LOGO.png



Oleh :
Dwi Nuryanto   ( 20140720108 )




FAKULTAS AGAMA ISLAM JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top