RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Status Sekolah :
Madrasah Aliyah
Kelas/Semester :
X/I
Program :
IPA/IPS
Mata Pelajaran :
Quran dan Hadis
Materi Pokok :
Al-Quran Kitab ku
Jumlah Pertemuan :
1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
45 x 2 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
(KI-2) Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai) santun, rensponsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(KI-3) Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual,konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini Al-Qur’an
sebagai pedoman hidup
2.1 Menunjukkan sikap
yang berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran Al-Qur’an
3.1 Memahami
pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’.
4.1 Menyajikan
pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para ulama’
C.
Indikator Pencapaian
3.1.1 Menjelaskan
pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
3.1.2 Mendeskripsikan
pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin
3.1.3 Menerangkan
pengertian Al-Qur’an menurut ulama muta’akhirin
3.1.4 Membandingkan
pengertian Al-Qur’an menurt ulama mutaqaddimin dan muta’akhirin
4.1.1 Mempresentasikan
simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengamati ,mengeksplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara
bahasa dan istilah dengan baik dan benar.
2.
Mendeskripsikan pengertian
Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin dengan baik dan benar.
3.
Menerangkan pengertian Al-Qur’an
menurut ulama muta’akhirin dengan baik dan benar.
4.
Membandingkan pengertian Al-Qur’an
menurt ulama mutaqaddimin dan muta’akhirin.
5.
Mempresentasikan simpulan pengertian
Al-Qur’an menurut ulama’
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian Al-Qur’an
secara istilah
2. Pengertian Al-Qur’an
menurut para ulama
3. Nama-nama Al-Qur’an
4. Perilaku orang yang
berpegang teguh kepada Al-Qur’an
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah,
2. Discovery Learning,
3. Problem-Based Learning,
4. Diskusi,
5. Tanya jawab,
6. Mind maping
G. Media
Pembelajaran
1.
Proyektor/LCD
H. Alat
Pembelajran
1.
Spidol
2.
Kertas Asturo
I.
Sumber Belajar
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya
2. Buku paket Al-Qur’an
Hadits Penerbit Kementrian Agama RI 2014
3. Internet
4. Slide
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
(15 menit)
1) Memberi salam dan memulai
pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2) Absensi dan Memeriksa kerapian
dan kebersihan ruang kelas.
3) Menyampaikan tujuan dan
kompetensi yang harus dicapai.
4) Pendidik bertanya jawab dengan
peserta didik mengenai materi yang akan di ajarkan.
5) Pembagian Kelompok ,menjadi 4
kelompok.
b.
Kegiatan Inti ( 55 menit)
1)
Mengamati
-
Pendidik menayangkan vidio
-
Peserta didik di beri tugas untuk mengamati dan memahami tayangan vidio yang di tunjukan guru mengenai
orang yang hidup tanpa tujuan dan arahan.
2)
Menanya
- Peserta didik
menanyakan pengertian Al-Qur’an
- Peserta didik
menanyakan pengertian Al-Qur’an menurut ulama
- Peserta didik
menanyakan nama-nama Al-Qur’an
- Pendidik memberikan
pemahaman terkait pertanyaan-pertanyaan peserta didik sekaligus memberikan
informasi mengenai materi
3)
Menalar /Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Perwakilan kelompok
mengambil satu kertas undian yang telah disiapkan pendidik, kertas
undian tersebut berisi topik yang akan di bahas dalam masing masing kelompok.
-
Masing- masing kelompok mendiskusikan topik yang telah diberikan oleh
guru.
-
Setiap kelompok mencatat informasi yang mereka dapatkan dari hasil
diskusi.
4)
Mengasosiasikan
-
Setiap kelompok membuat Mindmap dan kesimpulan dari hasil diskusi
mereka sesuai dengan topik bahasan.
5)
Mengkomunikasikan
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil mindmap mereka sesuai dengan topik yang di bagikan guru, yaitu pengertian
Al-Qur’an, nama-nama Al-Qur’an dan perbuatan yang menunjukkan orang yang
berpegang teguh kepada Allah sesuai pemahaman.
c.
Penutup (15 menit)
-
Guru memberikan penguatan terhadap materi yang didiskusikan (kegiatan
konfirmasi).
-
Pendidik meminta peserta didik untuk membiasakan perilaku orang
yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an.
-
Pendidik memberi motivasi kepada siswa agar lebih giat dalam
belajar dan mengamalkannya.
-
Pendidik mengakhiri
pelajaran dengan bacaan hamdalah bersama.dan doa mengakhiri pertemuan.
-
Pendidik mengucap
salam.
K. Penilaian Hasil Belajar
a. Tes Tertulis
Jawablah uraian Pertanyaan berikut dengan jelas dan
benar !
1. Jelaskan pengertian
al-Qur’an secara etimologi menurut pendapat al Lihyaniy!
Kunci:
Menurut
pendapat al Lihyaniy Kata Qur’an adalah bentuk masdar dari kata kerja (fi’il),قَرَأَ artinya membaca,dengan perubahan bentuk
kata/tas ri f(قَرَأَ-يَقْرَأ- قَرْءَا ناً ). ari tasri f
tersebut, kata(قَرْءَا ناً)artinya
bacaan yang bermakna isim maf’ul (مَقْرُوْءٌ) artinya
yang dibaca.Karena al-Qur’an itu dibaca maka dinamailah al-Qur’an. Kata
tersebut selanjutnyadigunakan untuk
kitab suci yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. Pendapat
ini berdasarkan firman Allah Swt. sebagaimana yang termaksud dalam QS.
al-Qiyamah ayat 17-18
2. Jelaskan pengertian al-Qur’an secara etimologi
menurut pendapat al-Farra’!
Kunci:
Menurut
al-Farra’ Kata al-Qur’an berasal dari lafadقَرَاءِنٌ merupakan
bentuk jama’ dari kata قَرِيْنَتِyang berarti petunjuk atau indikator,
mengingat bahwa ayat-ayat al-Qur’an satu sama lain saling membenarkan. Dan kemudian
dijadikan nama bagi Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
3.
Jelaskan pengertian al-Qur’an secara istilah menurut pendapat
Syeikh Muhammad Khudhary Beik dalam kitab Tarikh
at-Tasyri’ al-Islami!
Kunci:
Dalam
kitab Tarikh at-Tasyri’ al-Islam, Syeikh Muhammad Khudari Beik mengemukakan
definisi al-Qur’an , “ Menurut beliau Al-Qur’an ialah lafaz (fiirman Allah
Swt.) yang berbahasa Arab, yang diturunkan kepada Muhammad saw., untuk dipahami
isinya dan selalu diingat, yang disampaikan dengan cara mutawatir, yang ditulis
dalam mushaf, yang dimulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat
an-Nas.”
4.
Sebutkan unsur-unsur dalam definisi al-Qur’an!
Kunci:
a)
Al-Qur’an adalah
firman atau Kalam Allah Swt.
b)
Al-Qur’an terdiri dari
lafal berbahasa Arab
c)
Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
d)
Al-Qur’an merupakan kitab Allah Swt. yang
mengandung mu’jizat bagi Nabi Muhammad saw. yang diturunkan dengan perantara
Malaikat Jibril.
e)
Al-Qur’an disampaikan
dengan cara mutawatir (berkesinambungan).
f)
Al-Qur’an merupakan bacaan mulia dan
membacanya merupakan ibadah.
g)
Al-Qur’an ditulis dalam mushaf-mushaf, yang
diawali dengan surah al-Fatihah dan diakhiri dengan surah an-Nas.
h)
Al-Qur’an senantiasa terjaga/terpelihara
kemurniannya dengan adanya sebagian orang Islam yang menjaganya dengan
menghafal al-Qur’an.
5.
Sebutkan nama-nama al-Qur’an dan jelaskan dengan
singkat nama-namatersebut!
Kunci:
a)
Al-Qur’an (اَلْقُرْءَانُ)
Al-Qur’an
merupakan nama yang paling populer dan paling sering dilekatkan pada kitab suci
terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Sebagaimana telah dijelaskan
di muka, al-Qur’an artinya bacaan atau yang dibaca.
b)
Al-Kitab
(اَلْكِتَابُ)
Al-Qur’an
sering disebut sebagai Kitabullah artinya kitab suci Allah Swt. Al-Kitab juga
bisa diartikan yang ditulis.
c)
Al-Furqon
(اَلْفُرْقَان)
Al-Furqon
artinya pembeda, maksudnya yang membedakan antara yang haq dan yang batil.
Al-Furqan merupakan salah satu nama al-Qur’an, sebagaimana yang termaktub dalam
QS. al-Furqan [25]: 1
d)
Az- Zikr (اَلذكْر)
Ad-Dikr
berarti pemberi peringatan, maksudnya yang memberi peringatan kepada
manusia.
e)
At-Tanzil (اَلتَّنْزِيْلُ)
At-Tanzil
artinya yang diturunkan, maksudnya al-Qur’an diturunkan oleh allah Swt. kepada
Nabi Muhammad saw. melalui perantaan malaikat Jibril as.untuk
disampaikan kepada seluruh umat manusia. At-Tanzil sebagai nama lain
al-Qur’an dikemukakan oleh Subhi as-Salih,
b. Evaluasi
Presentasi hasil duskusi kelompok
Penilaian
hasil presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
A s p e
k P e n i l a i a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
kasi
|
Sistematika
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Kebera
nian
|
Antusias
|
membuat
mindmap
|
|||||
Lembar Pengamatan
(Penilaian Sikap Selama Diskusi):
No.
|
Nama
Siswa
|
A s p e
k P e n g a m a t a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerja
sama
|
Meng-
komunika
sikan
pen-dapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan Kriteria
4= Baik
Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang
∑ Skor
perolehan
Nilai =
X 100
Skor
Maksimal (20)
Kriteria Nilai
A=80 –
100 : Baik Sekali
B=70 – 79 : Baik
C=60 – 69 : Cukup
D=‹ 60 : Kurang
Mengetahui, Yogyakarta,7
April 2016
Kepala Sekolah, Pendidik
Quran Hadis
Dr Akif Khilmiyah, M.Ag Dwi Nuryanto
...................................... ..........................................................
NIP. NIP.
TUGAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DOSEN: Dr Akif Khilmiyah, M.Ag
Oleh :
Dwi Nuryanto ( 20140720108 )
FAKULTAS AGAMA ISLAM JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar